Get paid To Promote at any Location

Thursday, January 6, 2011

Pabrikan Yamaha,… menunggu ‘permainan’ harga Honda CBR 150 …???


Well,… di dunia bisnis, kadang lawan bisa menjadi kawan… kawan bisa menjadi kawan beneran… ataupun lawan bisa menjadi musuh bebuyutan …!!! Dalam case segment motor sportz Indonesia,… terlihat pabrikan Yamaha ‘mensecure’ dominasinya di lini ini …!!! Walau terbesit juga… kekhawatiran bobolnya dominasi garpu tala di segment lain… seperti skutik misalnya …!!! Dunia permotoran memang lagi gonjang-ganjing… terlebih ketika Honda mengeluarkan Honda CBR 250R dan Honda CBR 150R …!!! Pabrikan Yamaha terlihat … mencermati setiap langkah yang diambil… dan baru menjawab jika memang membahayakan dominasinya …!!! :D

Mungkin untuk segment 250cc motor sportz fairing… Yamaha ‘bisa’ menggunakan tangan Kawasaki… untuk membendung Honda …!!! Toh dengan 2 cylinder, power lebih besar… keberadaan Ninja 250R merupakan lawan yang tidak gampang untuk dikalahkan …!!! So,.. disini pabrikan garpu tala bisa menghemat energi untuk ikut bertempur di segment ini …!!! Lha,… gimana dengan segment 150cc motor sportz …??? Yaaagh tergantung skema produksinya… apakah dengan type CBU ataupun CKD… ??? Jika dengan CBU… sudah pasti deegh pabrikan garpu tala… mereeem meleeeek… coz nggak dianggap sebagai ancaman …!!!

Lho kok enggak …??? Importir Umum saza sudah membanderol Rp. 42 jeti… tarohlah pabrikan sendiri yang memasukkan… dengan discount sekitar Rp. 7 jeti… berarti Rp. 35 jeti … mau berapa target laku setiap bulan …???  1000 unit dengan harga segitu sudah bagus banget… dan tentu tidak ngefek terhadap dominasi Yamaha melalui V-ixion dan Byson nya…!!! Bagaimana jika produksinya secara CKD …??? Naaagh ini bisa menjadi ancaman… jika pabrikan Honda menerapkan strategy cost leadership …!!! Coz hitung-hitungan kasar… bisa dibanderol sekitar Rp. 25 – 26 jeti… jika pabrikan Honda tidak ragu… untuk  ‘memakan’ pula Honda Tiger… !!!

Jika simulasi itu yang ditempuh… kemungkinan besar Yamaha akan siap-sedia ikut membendung dengan YZF-R15… untuk mendistorsi ‘pergerakan’ Honda CBR 150R …!!! So.. tidak ada ruang kosong yang bisa dimanfaatkan tanpa ada perlawanan …!!! So,.. akhirnya bagaimana pun juga… rumus Jangkrik Matrix akan berlaku… jika sudah menguasai market share diatas 25%… maka harus berani head-to-head… dan bermain cost leadership… !!! Jika tidak… siapapun yang menjadi ‘Raja’ pasti tidak akan nyenyak tidurnya… coz dihantui mimpi buruk teruzzz…. kecuali yang membaca doa… !!!

No comments:

Post a Comment