Get paid To Promote at any Location

Friday, January 7, 2011

Tahun 2010, Musimnya Motor Sport Baru…..

Mengubah mindset orang Indonesia dalam mengendarai motor memang sulit. Sejak lama, masyarakat terlanjur suka dengan motor bebek. Alasannya, efisien, mudah dikendarai dan harganya relatif lebih murah. Sejak bertahun-tahun lamanya, motor sport seperti menjadi anak tiri di negeri ini.
Dua tahun belakangan, mindset itu sudah mulai bergeser. Buktinya gampang, motor sport baru pun bermunculan di pasar Indonesia. Hebatnya, gayung bersambut, penjualan motor-motor anyar dengan body mutakhir itu bisa diserap pasar. Gong-nya tentu saja, sejak munculnya Kawasaki Ninja 250.

Ingin tahu, penjualan Ninja 250 bisa dikatakanan sama dengan pendahulunya Ninja RR digabung dengan Ninja series lainnya (Ninja M, N dan L). Padahal sang Ninja 250 awalnya bagi Kawasaki Motor Indonesia (KMI) hanya untuk “iseng” saja, dalam rangka menaikan brand image-nya di Indonesia. “Dulu kami hanya menargetkan penjualan Ninja 250, 400 unit tiap bulannya. Tapi selanjutnya bahkan bisa lebih dari 2 kali lipat,” terang Freddyanto Basuki, Promotion Manager PT KMI.
Dari gambaran tersebut, ternyata peluang bagusnya penjualan motor sport di Indonesia lumayan besar. Alhasil, sejumlah ATPM pun telah merancang penjualan motor sport-nya dengan jajaran barunya. Dan, tahun 2010 boleh dikatakan musim semi bagi motor sport tersebut.
Dari Kawasaki, sudah dipastikan segera meluncur Ninja dengan cc yang lebih dahsyat lagi. Yakni Ninja ZX-6R. Motor global di pasaran Eropa dan Amerika ini, akan hadir sebagai jawaban Kawasaki dalam memanjakan pecinta motor sport. Ilustrasinya, setelah menjajal 250 cc, tentu keinginan biker bertambah. Nah, si 600 cc inilah jawabannya. Selain itu, Kawasaki perlu motor 600 cc untuk terjun di ajang balap nasional Supersport 600 cc dan FIM Asia di 2010.
Selanjutnya, dari Yamaha Indonesia. Pabrikan ini sudah pasti siap menerjunkan Bison ke ladang pasar Indonesia. Menurut rencana, Bison yang ber-cc 150 dengan mesin karburator itu di-launching Februari 2010. Menarik soal harga hewan besi ini. Yamaha bakal menggelontorkannya seharga Rp 18.500.000. Melihat body-nya yang ciamik dan harga yang kompetitif, diperkirakan Bison bakal menyeruduk pula di 2010.
Bagaimana dengan sang leading pasar motor 2009 Honda? Dari Sunter, markas Astra Honda Motor (AHM) diperoleh kabar motor baru Honda sudah siap dipasarkan, tinggal menunggu waktu yang pasti. Soal nama dan spek engine sang motor sport anyar, Honda menyimpannya dengan rapat. Dugaan kuat, Honda akan bertarung di kelas 150 cc yang saat ini pasarnya sungguh manis.
Konon, sang motor baru itu bisa saja menggantikan MegaPro ber-cc 160 yang memiliki grafik bagus dalam penjulannya. Yang jelas, apa pun nantinya, motor itu hadir dengan desain body yang lebih bagus lagi. Tujuannya, tentu saja agar bisa bersaing dengan Yamaha Vixion dan Bison. “Tahun 2010, adalah tahun menjamurnya motor baru Honda, termasuk motor sport-nya,” kata seorang petinggi di PT AHM.
Sementara itu dari Suzuki, kabarnya masih senyap. Namun begitu, Suzuki tak tinggal diam. Tahun 2010 boleh dikatakan tahun kebangkitan ATPM Jepang pertama di Indonesia itu. Setelah tahun 2009, gagal meluncurkan motor sport 250 cc, karena terbentur pilihan body, diperkirakan tahun 2010, masalah itu sudah teratasi.
Suzuki agaknya masih akan menjajal pasar 250 cc, sebab, penjualan Satria-nya lumayan besar. Bebek sport ber-cc besar itu tahun 2009 terjual hingga 84 ribu unit. So, menghadirkan motor sport batangan sekelas 150 cc bisa mengganggu penjualan Satria.
Lantas, apakah mindset masyarakat Indonesia tentang motor sport akan mengalami pergeseran di 2010 ini? Kita nantikan saja hingga akhir tahun.

No comments:

Post a Comment