Get paid To Promote at any Location

Thursday, January 6, 2011

Analisa Pabrikan dengan JangKrik Matrix …!!!


2 Votes
Quantcast

Well,… Juragan ROndO banyak ditanya oleh beberapa rekan… ataupun terlibat diskusi dengan para ahli … yaaagh temanya apa sih yang harus dilakukan pabrikan Anu… pabrikan Itu etc… ditengah persaingan ketat industri motor Indonesia …!!! Sebenernya teori corporate strategy… marketing sudah banyak ada … tinggal menyarikan saza… dan Juragan ROndO coba memetakan dengan case study Indonesia… dan namanya Matrix cukup unik… yaitu Jangkrik Matrix …!!! :D

Jangkrik Matrix terdiri dari 4 quadrant… yaitu (i) jangkrik Ngaciiir, (ii) Jangkrik Turu, (iii) Jangkrik Goyang, (iv) Jangkrik Semaputtt …!!! Yang paling ideal adalah Jangkrik Ngaciiir… dan setiap pabrikan berusaha untuk selalu berada di Jangkrik Ngaciiir ini sepanjang waktu …!!! Untuk mencapai quadrant Jangkrik Ngaciiir bisa melalui Jangkrik Goyang atau Jangkrik Turuuu …!!! Sedangkan jika pabrikan berada di quadrant Jangkrik Semaput… ia harus berusaha ke Jangkrik Goyang… baru deggh ke Jangkrik Ngaciiir…. coz itu lebih mudah …!!!

Jurus yang harus dilakukan juga sudah tertera… pada masing-masing quadrant… !!! Jika berada di quadrant Jangkrik Semaput atau Jangkrik Goyang… pabrikan mau tidak mau kudu differensiasi… !!! Seperti Suzuki… dalam menciptakan Satria FU-150… ia harus juga menciptakan bebek 125cc ataupun 110cc… yang mempunyai fitur unggulan… !!! Jika gitu-gitu saza… pasti akan kelibas dengan kompetitor yang mempunyai market share diatas 25% … alias Jangkrik Turu ataupun Jangkrik Ngaciiir …!!! Disamping itu… harus menghindar dari head-to-head competition alias terapkan blue ocean strategy …!!!  Jika pertambahan market share sedikit alias dibawah 0.5%… sebaiknya mau tidak mau harus innovation product… sering-sering brojoool …!!!

Sebaliknya jika sudah sampai di quadrant JangKrik Ngaciiir ataupun Jangkrik Turu… harus berani head-to-head… alias bermain di red ocean strategy… !!! Untuk bertahan dari gerusan market share… pabrikan juga dituntut cost leadership… alias nggak bisa semaunya menaikkan harga… alias tetap menjaga value dari suatu product …!!! Bagi yang lageee ‘booming’ alias pertambahan market share diatas 0.5%… baru deegh bisa dibantu dengan iklan… karena arah ‘anginnya’ lagi positif… !!! Sebaliknya yang pertambahan market sharenya sedikit atau cenderung negatif… mau tidak mau kudu innovatif… !!!

Last,…  terlihat dari Matrix diatas… memang peta persaingan motor Indonesia agak timpang… !!! Coz hanya 2 pabrikan yang punya market share diatas 25% … !!! Hal ini mengindikasikan… bagi pabrikan lain… jika mau masuk ke persaingan industri motor… kudu ‘pintar-pintar’… coz kalau nggak siap-siap aza… bakalan kelibazzz coz barrier to entry nya gede banget …!!! :D
ps : JangKrik Matrix diberikan ketika merancang Matrix ini terdengar bunyi Jangkrik… xixixi :mrgreen:

No comments:

Post a Comment